-->

Type something and hit enter

On
Apabila Anda mencoba menekan dua buah paku dengan menggunakan gaya (F) yang sama besar. tetapi satu nya berujung runcing dan satunya tumpul. Maka paku yang berujung runcing tersebut akan menempuh kedalaman yang lebih besar. Hal ini berkaitan dengan salah satu besaran dalam fisika yang dikenal dengan istilah tekanan . Tekanan merupakan besarnya gaya yang dialami oleh benda per satuan luas. Sesuai dengan rumus dari tekanan berikut ini.
Keterangan :
p = tekanan (Pascal atau N/m2)
F = gaya (N)
A = luas (m2)

        Berdasarkan rumus matematis tersebut kita dapat mengetahui bahwa tekanan merupakan besar dari penyebaran gaya yang dialami oleh suatu permukaan yang dikenai gaya.  Jadi semakin kecil luas permukaan yang dikenai gaya maka konsentrasi kerja dari gaya semakin besar, sehingga tekanannya semakin besar. sebagai contoh jika kita diinjak oleh seorang wanita, pertama dengan menggunakan sandal jepit, lalu kedua dia menggunakan sepatu berhak tinggi. Maka rasa sakit yang dialami ketika menggunakan hak tinggi lebih sakit, karena besar tekanan yang diberikan lebih besar (dengan gaya yang sama karena dari perempuan yang sama)

Contoh Soal

1.  Sebuah benda bermassa 20  kg berada di atas lantai dengan luas penampang yang menyentuh lantai sebesar 90 m2. Berapakah tekanan yang dialami oleh lantai akbiat benda tersebut?

Jawab :
Diketahui  :         m = 20 kg
                                g = 10 m/s2
                                A = 90 m2
                                p = ……. ?
Penyelesaian:
Karena yang diketahui dari soal adalah massanya, maka harus dicari dulu berapa gaya berat yang dimiliki oleh benda dengan rumus w = m.g
                                p = F / A  = m.g/A
                                                  = 20  . 10 / 90
                                                  =  2.22 Pascal                                                     
Jadi besarnya tekanan yang diberikan oleh benda yaitu 2.22 Pascal


2. Seekor ayam jago memiliki massa sebesar 20 kg berjalan diatas tanah. Tentukan tekanan yang diberikan ayam jago terhadap tanah. (Anggap luas penampang masing-masing kakinya 10 cm2 )

Jawab
Diketahui :          m =20 kg
                                A = 10 cm2 = 0.1 m2   untuk satu kaki maka untuk dua kaki yaitu A = 0.2 m2
                                p = …….. ?
Penyelesaian :
p = F / A  = m.g/A
                                                  = 20  . 10 / 0.2
                                                  =  1000 Pascal  
Jadi tekanan yang dialami tanah yang terinjak oleh ayam adalah 1000 Pascal

Catatan :

Perhatikan dua contoh soa diatas, keduanya memiliki massa yang sama besar. namun memberikan tekanan yang berbeda pada tempaknya berpijak karena luas penampang tempat gaya bekerja itu berbeda

Pesan Buku Olimpiade SD, SMP, SMA Yohanes Surya 
085394700574 [ WhatsApp ] [Ada Promo]